Kamis, 22 Maret 2018

jurusan yg mudah mendapat pekerjaan setelah kuliah, kamu wajib tau cek di SINI !

MUNGKIN INI JURUSAN YG TEPAT BUAT KAMU KIDS JAMAN NOW


kali ini mimin mau jawab pertanyaan- pertanyaan untuk kamu yang baru lulus sma/ smk atau kamu yang baru ingin kuliah tapi gak tau kuliah di mana.

Di jaman yg now ini (hehe) mimin bakalan kasih saran untuk kalian adek - adek mimin yang sedang gundah gulana dan galau (maafkan mimin yang lebay ini) kamu menyadari gak sih makin kesana dunia makin canggih ? nah dengan kecanggihan ini kamu butuh jurusan yang sangat-sangat recomended . yang mimin recomended buat adek -adek mimin yaitu jurusan yang mengarahkan kammu ke komputer atau yang biasa kamu kenal dengan jurusan SISTEM INFORMASI atau TEKNIK INFORMATIKA. adek-adek mimin bingung ya kenapa mimin kasih dua jurusan ini ?  alsanya adalah karena kita hidup di jaman now wkwkwk.

ini dia sedikit informasi mengenai kedua jurusan di atas. 

1. SISTEM INFORMASI di stmik hang tuah pekanbaru (Akreditasi B)




VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI STMIK HANG TUAH PEKANBARU



VISI

Menjadi Program Studi Sistem Informasi yang unggul dan mampu bersaing secara nasional pada tahun 2030


MISI

1.    Membangun keunggulan dalam pendidikan dan penelitian bertaraf nasional serta pelayanan kepada masyarakat dalam bidang sistem informasi untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur dan berdaya saing dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

2.    Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang integratif dalam bidang sistem informasi yang berkonsentrasi pada Enterprise Information System (EIS) yang bersifat teoritis maupun praktis.

3.    Membangun kerjasama dengan badan sertifikasi profesi di bidang Sistem Informasi.

4.    Memberikan landasan moral bagi pengembangan sistem informasi dan melakukan pencerahan dalam pembinaan iman dan taqwa.

5.    Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dibidang sistem informasi, khususnya Enterprise Information System (EIS).

6.    Menyelenggarakan praktek kerja lapangan yang signifikasi melalui aplikasi sistem informasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

7. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah bagi penguatan program studi.


TUJUAN PENDIDIKAN

Tujuan yang hendak dicapai oleh Program Studi S1 Sistem Informasi adalah menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan sebagai berikut :


1. Menyelenggarakan program pendidikan pada Program Studi Sistem Informasi untuk menghasilkan Sistem Analis dengan kekuatan pada sistem informasi enterprise dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tren kebutuhan pasar tenaga kerja.
2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan berguna bagi kemajuan dan pengembangan ilmu serta pembelajaran di bidang ilmu sistem informasi.
3. Menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, berwawasan kewirausahaan dalam menyelesaikan masalah di bidang sistem informasi dalam konteks pembangunan berkelanjutan serta memiliki komitmen untuk belajarsepanjang masa.
4.   Menghasilkan pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yangterintegrasi dengan pendidikan
5. Memberikan pelayanan kepada masyarakat lokal maupun nasional melalui aktifitas edukatif, teknis, dan profesional.
6.  Penguatan organisasi melalui implementasi sistem penjaminan mutu.
7. Memanfaatkan fasilitas pendidikan dan penelitian secara optimal untukmenjamin mutu akademik.

Penjelasan singkat mengenai jurusan ini :

Sistem Informasi (SI) [1] adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.[2] Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.[3]
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.[4]
Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.[5]
Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.[6]
Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.[7]
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.[8]
Sistem informasi  adalah kumpulandari  sub-sub  sistem baik phisik maupun non phisik yang  saling berhubungan  satu sama  lain dan bekerja  sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.[9]

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

2. Teknik Informatika di stmik hang tuah pekanbaru (Terakreditasi)




VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK HANG TUAH PEKANBARU
VISI

Menghasilkan Tenaga Teknik Informatika yang berkualitas dalam pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika di Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai Pancasila
2. Mengadakan penelitian dan pengembangan di bidang Teknik Informatika.
3. Mengadakan pengabdian masyarakat.
4. Menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah`dan non pemerintah bagi penguatan Program Studi.
5. Menyediakan sarana serta lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar.
6. Menyelenggarakan manajemen modern yang berorientasi pada kualitas, transparansi, akuntabilitas dan professional.


TUJUAN

1. Mempunyai sikap dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
2. Memiliki integritas yang tinggi, kreatif dan inovatif.
3. Mampu berkomunikasi dan menerapkan pengetahuan seta teknologi dalam bidang informatika.
4. Terselenggaranya pengembangan Program Studi yang memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional.
5. Terselenggaranya proses pendididkan berkelanjutan bagi sivitas akademika, agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai sesuai dengan tanggung jawabnya dan mampu mengembangkan keahliannya, baik dibidang pembelajaran, pengembangan Informasi khususnya dibidang Teknologi Informatika.
 
Ini sedikit penjelasan mengenai jurusan di atas :
 
Apa Itu Teknik Informatika ?
Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.
Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?
Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :
1.   Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
2.   Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
3.   Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4.   Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.
Prospek Lulusan Teknik Informatika
Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).
 
sumber : https://id.wikipedia.org 
               https://idoferdianpoltekmlg.wordpress.com/
               http://www.stmikhtp.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar